Sejarah Singkat

Logo SMK Tanwir Surabaya

Assalamu`alaikum Wr.Wb.

Keberadaan SMK Tanwir Surabaya tak bisa dipisahkan dengan Organisasi Central Outbond dan Inbond sebagai pemrakarsa lahir dan berkembangnya sekolah yang berbasis religi Islami di Jalan Kedung Anyar VIII No. 14-16 Surabaya.

Central berdiri pada tahun 2000 yang dimewadahi insan profesional muda aktif di pramuka dan bidang kerja lainnya dengan kompak mewujudkan visi dan misi yang sama yaitu merajut persaudaraan dan mengembangkan kreativitas unggul di layananan jasa serta pengabdian pada masyarakat.

Central sebagai lembaga layanan jasa kreatif di bidang outbond dan inbond di Kota Surabaya memiliki program kerja dan ruang gerak dinamis untuk mengabdikan diri sebagai profesional yang unggul demi bangsa dan negara. Salah satunya dedikasinya yaitu mengembangkan unit Peduli Pendidikan yang diorientasikan untuk sosial dan menyantuni anak yatim / dhuafa.

Kiprah Peduli Pendidikan Central tergerak untuk mendirikan lembaga pendidikan sosial dan bernuansakan agamis Islami di Kota Surabaya. Berbagai strategi sudah dirancang dan dikembangkan, alhasil di tahun 2008 terjalin kerjasama dengan Yayasan Tanwir yang nota bene senafas dan sepemahaman visi untuk mengembangkan pendidikan Islami di jenjang pendidikan menengah kejuruan. Akhirnya diputuskan membentuk lembaga pendidikan SMK dengan nama SMK Tanwir dengan kompetensi keahlian Akuntansi dan Multimedia.

Secara otonomi, Central memiliki andil lahirnya lembaga SMK Tanwir yang dinaungan Yayasan Tanwir. Dengan swadaya dan kekompakan anggota Central, maka SMK Tanwir terbentuk dengan slogan “Siap Kerja, Mencetak Generasi Qur`ani dan Berkarakter Kewirausahaan”.

Ide kreatif dan perkembangan penduli pendidikan yang dimotori oleh Central tak lepas dari pendiri sekaligus pelaku sejarah terbentuknya SMK Tanwir Surabaya. Beliau adalah Drs. H. Hariyanto, M.M.Pd, Moh. Yosof, S.Pd, Arif Februanto, S.E, Lilik Chalifah, S.Sos, Chujaini, S.Pd, Erik Ekstrada, Drs. Pandi, Wakib (Alm), dan anggota Central lainnya.

SMK Tanwir Surabaya sebagai salah satu sekolah kreatif dan unggulan di bidang keagamaan Islami senantiasa berusaha mewujudkan apa yang menjadi harapan pemerintah dan masyarakat melalui serangkaian kegiatan dan program kerja yang berorientasi kepada peningkatan kualitas dan daya saing lulusan, baik siap kerja dan melanjutkan ke PTN/PTS. Dalam rangka merealisasikan hal tersebut perlu dijalin kerjasama dan komunikasi yang baik antara pihak sekolah, masyarakat dan pemerintah. Khususnya Dunia Usaha dan Dunia Industri yang diharapkan mampu menjadi bagian tak terpisahkan dari kebijaksanaan Link and Macth yang berlaku bagi semua jenis jenjang pendidikan di Indonesia. Munculnya gagasan Link and Macth (keterkaitan dan kesepadanan) ternyata telah membuka peluang bagi pihak pelaksana pendidikan khususnya Pendidikan Menengah Kejuruan untuk memungkinkan bekerja sama dengan Dunia Usaha dalam membina dan mengembangkan potensi di lapangan.

Awal berdiri di tahun 2008 hingga 2020 ini, SMK Tanwir mengalami berkembangan pesat, baik dari aspek jumlah siswa hingga fasilitas yang menunjang sebagai sarana pendidikan berbasis IT. Dengan 13 romber dengan 400 siswa di Tahun Pelajaran 2019/2020 ini memberikan tantangan dan semangat kepada civitas akademika SMK Tanwir untuk terus menghasilkan siswa yang mempunyai kompetensi dan siap kerja dengan level menengah untuk mendukung pembangunan ekonomi nasional serta dapat meningkatkan daya saing SDM Indonesia dan terpenting lagi yaitu dibekali dengan keimanan dan akhlakul karimah sebagai pondasi pendidikan karakter.

SMK Tanwir Surabaya yang akrab disebut SMEKTASA, memiliki Program Program Unggulan berbasis Islam yang tak dimiliki oleh SMK lain, yaitu: Hafalan Qur`an, Klinik Qur`an, rutin Sholat Dhuha berjamaah serta Sholat Dhuhur & Ashar berjamaah, Khataman Al Qur`an disetiap bulannya, Doa & Istiqhosah bersama siswa, Pembelajaran Qiroatil Qur`an, Debat Bahasa Arab, Pengajian Kitab Kuning, Pengajian Keliling Ke Rumah Siswa,  Perbankan Syari`ah, Kaderisasi Dai Muda (muhadharah), dan Hadrah, Banjari & Samroh. Dan tahun 2019 ini, program unggul lebih difokuskan pada pembelajaran Al Qur`an, mulai dari tilawati 1 hingga mahir hingga hafal juz 1 sampai 30, kemudian siswa tahfidh tersebut akan disalurkan ke PTN sesuai pilihan yang diinginkan.

Disadari bahwa penyiapan Sumber Daya Manusia yang tangguh sebagai modal pembangunan yang produktif adalah menjadi tanggung jawab bersama pemerintah, masyarakat dan keluarga. Maka dukungan semua pihak untuk menyelenggarakan pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan yang dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas sesuai dengan misinya yang diperlukan. Kreatifitas guru dalam mempersiapkan bahan ajar sangat menentukan kebutuhan pengetahuan sebagai kesiapan diri pada peserta didiknya untuk memasuki lapangan kerja dan kehidupan masyarakat dikemudian hari.

Kami berharap bahwa pendidikan Indonesia pada umumnya dan pendidikan di SMK tanwir Surabaya dapat terus ditingkatkan kualitasnya sehingga pada saatnya nanti dapat sejajar dengan negara-negara maju lainnya.

Wassalamu`alaikum Wr.Wb.